Eman Sulaeman (Pae). Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 24 Oktober 2012

Data Entry Image Scanning

Mesin Fotocopy Scanner (digital)
Assalamu'alaikum... Gmna kbrnya? semoga pd sehat ya...
Sehubungan dengan Materi KKPI kls XII, maka pada postingan kali ini akan membahas mengenai Mengolah Data Aplikasi, dengan kompetensi : Mengoperasikan Entry Data dengan Image Scanner.

1. PENDAHULUAN

Seiring dengan kemajuan teknologi, beragam perangkat (peripheral) komputer muncul agar lebih mengefisienkan pekerjaan manusia. Salah satu perangkat itu adalah Image Scanner. Alat ini merupakan peripheral input data berupa gambar untuk dimasukkan ke komputer sehingga dapat disimpan alam bentuk file.

Prinsip kerja image scanner mirip dengan mesin foto kopi. Namun jika mesin foto kopi menghasilkan output langsung berupa cetakan pada kertas, tapi image scanner menghasilkan output berupa file gambar untuk diproses lebih lanjut di komputer (editing).

2. ENTRY DATA DENGAN IMAGE SCANNER

Saat ini tersedia model, merk dan ukuran alat pemindai (scanner), namun pada prinsipnya hampir semua alat tersebut memiliki prosedur yang sama. Jika kita ingin menggunakan scanner, maka driver harus sudah terinstal di komputer agar dapat digunakan. Biasanya driver tersebut sudah disediakan oleh pabrik pembuat scanner berupa CD (compact disk).
Alat Scanner

A. ENTRY DATA DENGAN OCR (OPTICAL CHARACTER RECOGNITION)

OCR merupakan proses pengenalan karakter (huruf, angka dan tanda baca) dari sebuah objek gambar atau fasilitas untuk menterjemahkan teks yang telah discan. Kita bisa mengambil teks dari majalah, koran atau buku secara langsung ke dalam komputer tanpa harus mengetik naskah teks tersebut untuk selanjutnya dapat diubah (edit).

a. Cara Melakukan Scanning Teks

Langkah mengaktifkan program scanning dengan Ms. Word
 
Perangkat lunak/ Program (Software) untuk men-scan objek yang mengandung teks dapat digunakan : Ms. Office Document Scanning atau Omni Page.

1). Scanning dengan menggunakan Microsoft Office Document Scanning :

a) Masukkan objek teks ke alat Scanner
b) Klik Start All Programs => Microsoft Office => Microsoft Office Tools => Microsoft Office Document Scanning. Atau lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ...........

Materi lengkapnya silangkan klik => Materi Kls 3 - Image Scannier






0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

 

Info Bisnis Online

Zodiak Anda

Download Video di Youtube


Total Tayangan Halaman

Follow Us

S Pink Premium Pointer