Simulasi Digital merupakan salah satu mata pelajaran di SMK berdasarkan Kurikulum 2013. Walaupun sampai hari ini pihak Diknas belum menerbitkan Buku/Modul Pembelajaran, namun menurut saya materi ini sangat menunjang bagi siswa untuk lebih kratif dan inofatif. Hal ini dapat dilihat dari Standar Kompetensi; Kompetensi Dasar (SKKD) berikut ini :
1. Melaksankan Pembelajaran Kolaboratif
- Mengidentifikasi Jejaring Sosial Pendidikan
- Melakukan Pendaftaran
- Menfaatkan Fitur
- Melaksankan Ujian Online Bersama
Sumber belajar : Edmodo, Moodle, BBB, Facebook, Buku Seadunet 2.0 dll
2. Menformat materi dalam bentuk digital
2. Menformat materi dalam bentuk digital
- Mengidentifiasi materi digital
- Mengidentifikasi persyaratan hardware
- Menformat materi digital
- Mengidentifikasi jenis aplikasi untuk pembuatan materi bentuk digital
- Menggunakan aplikasi untuk membuat materi digital
- Membuat materi dalam bentuk digital
Sumber belajar : Calibre, Sigil,
Flibook, Kwisoft, Buku Seadunet 2.0 dll
3. Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online
3. Melaksankanan interaksi dan komunikasi secara online
- Menjelaskan interaksi online
- Menjelaskan komunikasi online
- Menjelaskan jenis layanan aplikasi komunikasi online
- Menjelaskan persyaratan penggunaan layanan palikasi
- Memanfaatkan fitur layanan komunikasi online
- Melakukan interaksi dan komunikasi secara online
Sumber belajar : Skype, Facebook, Google+,
Buku Seadunet 2.0 dll
4. Membuat materi dalam bentuk video
4. Membuat materi dalam bentuk video
- Mengidentifikasi jenis materi audio visual
- Mengidentifikasi Jenis aplikasi pembuat materi bentuk audio visual
- Menjelaskan persyaratan kebutuhan hardware
- Menggunakan aplikasi editing video
- Melakukan proses render menjadi bentuk video
Sumber belajar : Movie Maker, Ulead,
Pinacle, Adobe Premiere, Buku Seadunet 2.0 dll
5. Membuat materi dalam bentuk simulasi visual
5. Membuat materi dalam bentuk simulasi visual
- Menjelaskan konsep simulasi visual
- Mengidentifikasi jenis simulasi visual
- Membuat simulasi visual
- Mempublikasikan simulasi visual
Sumber belajar : Blender, Skecthbook, 123D
Catch, 3DsMax, Adobe Flash, Adobe After Effect, Cinema 4D, Lightwave,
Softimages, Copper Cube, Buku Seadunet 2.0 dll.
Untuk memberikan gambarn mengenai materi-materi tersebut akan dibahas pada postingan berikutnya.
pak klw bisa posting materi-materi simulasi digital, agar melengkapi teman-teman guru yangmembutuhkan.
BalasHapusmakasih
Materinya sudh sy buat walaupun mash meraba2,mklm download sana sini, he3... ok nanti dipostingkan. thanks
Hapuspak.... mohon postingkan perangkat pembelajaran dari simulasi digital ya ......
BalasHapus