Eman Sulaeman (Pae). Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 18 November 2012

Mengoperasikan Software Email Client

 
Kebayang kan, kalo hari gini masih ngirim surat atau file masih pake amplop atau paket? ribet, mahal dan kurang efektif pastinya. Bahkan saat ini banyak perusahaan atau instansi yang membuka lowongan pekerjaan melalui Internet dan mengharuskan para pelamar kerjanya mengirimkan surat lamaran via e-mail. Jadi kayak mau gak mau nih kalo kita juga mesti punya email yang akan kita gunakan untuk berbagai kebutuhan di dunia maya.

Email (Electronic Mail) atau disebut juga Surel merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang lainnya.

Alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya : abahkugesit@yahoo.co.id

Di sebelah kiri @ disebut user name (abahkugesit), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (yahoo.co.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.

Beberapa nama akhiran (domain name) pada sebuah alamat web :
edu atau ed : untuk bidang pendidikan
gov atau go : untuk bidang pemerintahan
net              : untuk inernet provider
co              : untuk perusahaan
com           : untuk bisnis dan komersial

1. Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email

Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email.

· Point to Point

Maksudnya adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa cara ini dinamakan “JAPRI”, singkatan dari jalur pribadi.

· Carbon Copy (CC)

Selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.

· Blind Carbon Copy (BCC)

Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian “CC”.

Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC.

2. Etika Penulisan Email

Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri, di antaranya : Jangan terlalu banyak mengutip, perlakukan e-mail secara pribadi, jangan gunakan huruf kapital, jangan membicarakan orang Lain, jangan
gunakan CC, jangan gunakan format HTML

3. Langkah-langkah membuat E-Mail

Pada dasarnya untuk membuat email caranya hampir sama tinggal tergantung kita mau menggunakan penyedia email, misalnya : yahoo (ymail, rocketmail) atau google (gmail). Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka browser misalnya mozilla firefox, opera, atau browser lain yang biasa kita pakai.
ketik pada kotak address misalnya yahoo atau gmail
selanjutnya kita klik membuat account baru / pendaftaran (Sign Up), kemudian isi identitas kita sesuai kotak pertanyaan...........
 
Materi lengkapnya, dapat dilihat ditautan ini : Mengoperasikan Email

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

 

Info Bisnis Online

Zodiak Anda

Download Video di Youtube


Total Tayangan Halaman

Follow Us

S Pink Premium Pointer