Eman Sulaeman (Pae). Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 26 November 2012

Syarat Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat


Postingan kali ini saya bukan mau membahas tentang hal-hal yang berhubungan dengan komputer, tapi mengenai "Tholabul 'Ilmu" atau mencari ilmu. Semoga bisa menjadi "pengeling" buat kita.

Kalau kita bertanya pada diri sendiri; untuk apa kita mencari ilmu (sekolah / kuliah) selama ini?
Kita sering menjumpai atau melihat orang yang sekolahnya tinggi, sertifikat keahliannya banyak tapi dia nganggur??? Kok bisa?? Di sinilah perlu introspeksi diri. Mungkin saja ilmu yang dimilikinya kurang manfaat karena ketika bersekolah (kuliah) hanya mengejar Nilai dan Ijazah untuk mencari pekerjaan, bukan mencari ilmunya. Karena apa yang kita niatkan dan kerjakan hari ini bisa menentukan masa depan kita nanti. 
Di dalam kitab Ta'lim wal Muta'allim (Syaikh Al-Zarnuji) terdapat sebuah syair yang menjelaskan cara  meraih ilmu yang bermanfaat :
ألا لاتنال العلم إلا بستة  * سأنبيك عن مجموعها ببيان.ذكاء و حرص و اصطبار و بلغة * و إرشاد أستاذ و طول زمان

"Ketahuilah oleh-mu, kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 syarat, yang akan aku jelaskan kepada-mu dari keseluruhannya dengan penjelasan: 1. Cerdas, 2. Gemar, 3. Sabar, 4. Biaya, 5. Mengikuti Petunjuk Guru, 6. Waktunya Lama"

Syarat yang pertama "CERDAS"
Makna cerdas di sini adalah kita harus banyak membaca, menghafal, & memahami. Karena dengan banyak membaca, menghafal, & memahami otak kita akan terasah sehingga akan menjadi tajam seperti pisau yang diasah.

Syarat yang ke-dua "GEMAR"
Apa sih yang dimaksud dengan gemar itu??? gemar ialah menyukai, kalau-lah kita menyukai ilmu yang akan kita pelajari, insya Allah ilmu itu akan mudah dipelajari dan mudah pula nempel di otak. Hehehe.. udah kaya perangko aja nempel.

Syarat yang ke-tiga "SABAR"
Dalam menuntut ilmu diperlukan kesabaran yang tinggi, di karenakan membutuhkan proses yang lama untuk mendapatkannya, nggak kaya sulap bim salabim adakadabra langsung pinter. Allah juga akan selalu bersama kepada orang yang sabar.

Syarat yang ke-empat "BIAYA"
Dalam menuntut ilmu juga sangat memerlukan biaya untuk membeli alat-alat tulis seperti: buku, pensil, penghapus, pulpen dll. kalau-lah tidak punya alat tulis, apa yang ingin digunakan untuk belajar dalam membaca & menulis???

Syarat yang ke-lima "TAWADDU"
Artinya kita harus menghormati dan mengikuti petunjuk guru.  merupakan hal yang sangat harus diikuti oleh si penuntut ilmu untuk mendapatkan barokah ilmu dari gurunya. Seperti halnya Nabi Musa As. yang belajar kepada Nabi Khidir As. 

Syarat yang ke-enam "PERLU WAKTU LAMA"
Mencari ilmu tidak ada batas usia dan tidak ada kata terlambat, artinya diperlukan waktu yang lama untuk menuntut ilmu bahkan sudah tuapun mencari ilmu itu sangat diwajibkan.
 
Dari ke-enam syarat di atas tadi, kalaulah semuanya terpenuhi insya Allah kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin ya robbal 'alamiin... (dari: Para Pencari Ilmu)

Jadi..?? Mari kita luruskan hati, mulai hari ini niatkan dalam hati bahwa kita sekolah/Kuliah bukan karena terpaksa atau karena hanya mengejar nilai untuk Ijazah. Tapi niatkan Lillahita’ala untuk mencari ilmu. Insya Allah ilmu yang diperolehnya akan bermanfaat (berkah) untuk bekal kita di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

 

Info Bisnis Online

Zodiak Anda

Download Video di Youtube


Total Tayangan Halaman

Follow Us

S Pink Premium Pointer