Eman Sulaeman (Pae). Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 17 November 2012

Web Desain (Internet)

Postingan ini masih berhubungan dengan materi KKPI kelas XII yaitu kompetensi mengoperasikan Web Design. Namun sebelum membahas mengenai pembuatan web, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai internet itu sendiri. karena web design merupakan bagian dari pengoperasian internet.

1. Sejarah Singkat Internet

Internet (Interconnection-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs atau dunia maya tanpa batas (cyberspace). Sebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Istilah internet sendiri muncul sekita tahun 1983 dengan ditemukannya protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Demikian juga teknologi www (World Wide Web) telah memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan internet, bahkan bisa dikatakan bahwa internet hampir identik dengan www. Beberapa daya tarik atau keunggulan internet dibandingkan dengan media lain, antara lain:
a. Komunikasi murah
b. Sumber informasi besar
c. Tantangan baru untuk berusaha
d. Keterbukaan “tanpa sensor”
e. Jangkauan yang tidak terbatas

2. Kegunaan Internet

Pemakai komputer (user) dapat memanfaatkan kegunaan internet untuk melakukan hal-hal :
a. Mencari informasi (hosting)
b. Transaksi / Belanja (e-commerce)
c. Berkirim surat (e-mail)
d. Komunikasi / ngobrol (chatting)
e. Penelitian (research)

3. Koneksi ke Internet

Untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah : Komputer, Modem dan Penyedia layanan Internet.
a) Seperangkat PC (personal computer) : Komputer Desktop atau Laptop
b) Modem (Modulator Demodulator), berfungsi untuk mengkonversikan data digital ke data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telpon, dan sebaliknya.
Modem dibedakan menjadi 2, yaitu : Modem eksternal dan internal.
c) Saluran telepon
d) Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider).

4.  Memahami Alamat Internet dan Hyperlink
          Kita dapat digunakan untuk melakukan akses ke internet jika komputer yang digunakan terdapat modem yang dihubungkan dengan kabel saluran telepon. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengakses internet tanpa langganan dengan menggunakan layanan telkomnet.
Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian:
a.     Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
b.   Lokasi dari situs, contohnya www (World Wide Web)
c.    Nama organisasi yang mengatur situs.
d.   Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial, .go untuk organisasi pemerintah (Goverment)  .edu untuk organisasi pendidikan (education)
 
Contoh alamat internet (URL) = http://www.dikmenjur.net   yang berarti:
http://  = Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
www
   =  Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web.
dikmenjur
  = Web server bernama Dikmenjur yang mengatur situsnya.
net
  = Ini biasanya adalah institusi yang bergerak dalam jaringan (Network)

Di dalam situs web biasanya anda akan melihat teks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Inilah yang disebut hyperlink atau link. Jika bagian ini diklik, anda akan dibawa ke halaman web lainnya. Kita akan mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse di atasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger (gambar tangan yang menunjuk). 

5.  Mengoperasikan Web Browser dan Search Engine

Web browser merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjelajahi halaman web di internet, oleh karena itu disebut juga Internet Browser. Beberapa program aplikasi browser yang sering digunakan adalah : Microsoft Internet Explorer (MS. IE), Mozilla Firefox, Opera, Maxthon dan Nestcape.
Adapun alat untuk melakukan pencarian situs atau web disebut Search Engine atau Web Search misalnya program : yahoo.com, google.com, lycos.com, excite.com


Materi lengkapnya dapat di lihat di sini :  Mengoperasikan Web Design (Internet)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

 

Info Bisnis Online

Zodiak Anda

Download Video di Youtube


Total Tayangan Halaman

Follow Us

S Pink Premium Pointer